Skip navigation

Saya iseng searching Internet tentang gaji Engineer yang bekerja di Department Engineering, berikut fasilitas yang mereka dapat di perusahaan minyak di Timur Tengah. Dalam hal ini yang saya coba ambil perbandingan adalah Saudi Arabia dengan Qatar, dengan mengikutkan negara Asia seperti Malaysia dan Singapura.

Nggak usah disebutkanlah naa perusahaanya, yang meliputi “Oil and Gas Company (kita kenal sebagai Client)” dan “Engineering Company (EPC COmpany atau juga Kontraktor)”.

Terus juga, saya coba bandingkan dengan gaji dan fasilitas yang diterima oleh Engineer yang bekerja di Inggris..Ehem.

Tujuannya bukanlah gagah-gagahan, hanya sekadar pembanding dan referensi bagi siapa saja yang akan mencoba menguji kemampuan Ilmunya di belantara dunia Perminyakan International. Setidaknya punya perbandingan sebelum mengambil keputusan serta bekal untuk bernegosiasi, kali aja.

  1. QATAR

Skala penggajian di Qatar bagi yang bekerja di “Client” adalah biasanya menggunakan Grade. Bisa saja beda grade nya, sehingga nggak usah dibahas lebih jauh. Yang penting adalah coba kita lihat gaji Engineer yang berpengalaman 10 tahun ke atas.

Komponen renumerasi adalah gaji pokok dengan tambahan tunjangan-tunjangan lainnya.

Mari kita lihat data dibawah:

  1.  
    1. Basic Salary : QAR 20,000.00
    2. Transportasi Allowance : QAR 1,400.00
    3. Housing Allowance : QAR 10,000.00
    4. Furniture Grant : QAR 937.50 (ini didapat dari angka 45,000.00 bagi 48 bulan)

Ada memang namanya Bonus Tahunan, cuma ada yang bilang ini nggak mengikat alias jangan dihitung, walau ada yang berani menuliskan (terserah saja sih). Kemudian lagi ada namanya Education Assitance yang besarnya cukup untuk sekolah anak di Sekolah International, tapi ya jangan dihitung, karena uangnya kan nggak kita pegang.

Jadi, total gaji yang didapat per bulan di Bank kita (karena nggak ada pajak) adalah QAR 32,337.20 per bulan atau kurang lebih USD 8883.00.

Jadi bottom-line nya US$8800 bersih perbulan. Sebenarnya nggak bersih juga, soalnya belum dikeluarkan biaya sewa rumah dan beli perabotan.

Tapi harus diperhatikan bahwa mesti dikeluarkan biaya sewa rumah. Katanya sih, kalau mau aman, jangan ambil Housing Allowance, tapi minta disediakan saja rumah 4 kamar. Furniture grant kan artinya bantuan buat beli perabotan, jadi uangnya mestinya juga kepakai kan.

Alhasil, gaji bersih per bulan sebelum dikeluarkan untuk makan dan bensin: 20000 + 1,400 = QAR21,400 atau USD 5880.00.

Dengan uang segitu, sudah “peace of mind”. Artinya, sudah nggak mikirin biaya sekolah anak, nggak mikirin sewa rumah, nggak mikiran kesehatan sama biaya dokter gigi, biaya listrik, air.

Pulang cuti sekali setahun diberi tiket pesawat untuk sekeluarga, sampai maksimal 4 anak.

Yang perlu dipikirkan adalah cuma biaya makan dan hiburan. Tinggal hitung sendiri saja berapa target nabungnya. Saya sih berani perkirakan bahwa dengan bergaji seperti itu, bisa lah nabung sebesar USD5000 per bulan, atau paling kecil US$4500.

Itu dengan catatan gaji nya seperti diatas. Ada juga yang lebih rendah atau lebih tinggi, tinggal ngitung aja saving nya kan.

Biasanya, Basic Salarynya berkisar dari angka 14,000 sampai 23,000 QAR.

Gaji Dasar ini biasanya sesuai dengan Gaji dimana kita berasal dan bekerja, dan kemudian dinaikkan sesuai dengan standard di Qatar.

Jadi, kalau orang Indonesia, gajinya diukur dengan standard Indonesia, baru di ajust atau diberikan peningkatan karena jauh dari keluarga sekalian juga biar orang mau datang dan bekerja di Timur Tengah sana.

Demikian juga orang yang berasal dari Amerika, menggunakan gaji mereka di sono, baru diajust lagi. Maka wajar saja gajinya lebih gede, karena walaupun gaji di Qatar tax-free, tapi mereka tetap membayar pajak ke pemerintah Amerika, dengan skala tertentu.

Infonya lagi, jika orang Amrik atau Canada atau UK, biasanya Basic Salarynya QAR30,000 sampai QAR35,000. Lainya sih mungkin sama. Tapi mereka biasanya dapat lagi tunjangan namanya WIA (Western Inducement Allowance). Jadi alhasil pendapatan perbulan mereka ya tinggi sekali, dibanding sama kita.

Sau hal juga mesti diingat bahwa laju inflasi di Qatar termasuk tinggi yaitu 14% tahun 2007 lalu, dan jangan lupa Qatar Riyal mem-peg mata uangnya terhadap Green Back US Dollar, jadi makin turun nilai US Dollar, maka makin turun jua lah nilai QAR.

Jadi, tadi bisa lah diambil kesimpulan jika Engineer (bidang Engineering lho, saya nggak bicara level operator atau Petroleum Engineer) yang bekerja di “CLIENT” adalah mempunyai pendapatan bersih yang mereka terima setelah dikeluarkan sewa rumah, biaya utility, dan biaya sekolah adalah antara US$4500 – US$5500.

Kalau Engineering Company gimana? Saya punya data mengatakan bahwa, dengan kondisi yang sama yaitu rumah sudah dikeluarkan karena sudah disiapkan, tapi sekolah anak nggak dibantu, maka pendapatan perbulan mereka adalah sekitar US$4000-US$5000.

Hampir sama sebenarnya ya, cuma yang di CLIENT lebih menang dalam hal biaya sekolah anak ditanggung sampai anak ke-4, sedangkan di EPC biaya sekolah anak ya, monggo dicari jalan keluarnya sendiri. Juga dalam hal rumah, dimana rumahnya dalam bentuk Villa, sedangkan EPC mungkin dalam bentuk Condo.

Kalau dari sisi fasilitas kesehatan, saya pikir sama-sama ditanggung. Begitu juga dentist. Cuma katanya cuti tahunan nggak sebanyak dan selama CLIENT, tapi 25 hari ada lah.

Bonus? Ini yang kaya’nya gak ada di EPC.

  1. Saudi Arabia

Di Saudi Arabia, CLient yang terbesar adalah Saudi Aramco, berikut dengan Plant dan Refinery nya.

Sekali lagi, disini hanya bicara soal Engineer yang bekerja di Department Engineering, bukan di Plant sebagai Maintenance atau Operator. Bukan apa-apa, ngak punya datanya soalnya.

Gaji di Saudi Aramco, setahu saya, juga menggunakan metode dimana kita bekerja. Mereka sebut gajinya itu menggunakan US-Based Salary atau UK-Based Salary atau Euro-Based Salary, dan baru kemudian per negara di Asia.

Jadi, gaji orang Amerika di Saudi Aramco adalah gaji dia di US sana, plus disesuaikan dan ditambah tunjangan kejauhan. Mereka juga dapat apa yang disebut Sign-On Bonus, dan kadang plus bonus tahunan.

Biaya hidup di Saudi juga lebih murah dibanding di Qatar. Mereka tinggal di Compound yang sudah lengkap tersedia semua kebutuhan rekreasi dan lainnya, walaupun ada juga yang nggak bisa tinggal di compund karena satu dan lain hal, sehingga tinggal diluar bersama masyarakat.

Struktur Gajinya adalah:

  1.  
    1. Basic Salary
    2. Tunjangan Tambahan (Overbase), yaitu sebagai pemikat agar mau dan betah di Saudi Arabia.
    3. Bonus Tahunan dibagi 12
    4. Benefit Suplement untuk persiapanhari tua.

Diluar itu, mereka mendapatkan tunjangan yang layaknya didapat, yaitu rumah, shipping barang awal, free utility, free school education, cuti plus ticket, free kesehatan. Komplek perumahan mereka pun dilengkapi dengan segala fasilitas hiburan dan olahraga yang maha lengkap.

Ibarat kata, jika berhasil diterima kerja di Saudi Aramco maka hidup mereka akan sangat terpenuhi, mental dan spritual. Makanya, banya orang Bule yang mau, betah dan berlomba untuk bisa bekerja di Saudi Aramco.

  1. Inggris

Gaji di Inggris strukturnya lebih simpel yaitu hanya satu komponen, tidak ada tunjangan rumah, tunjangan kesehatan atau pinjaman beli mobil atau hadiah beli furniture.

Gaji Engineer pengalaman 10 tahun keatas, pegawai tetap, adalah sekitar 40,000 sampai 50,000 poundsterling, sebelum dipotong pajak. Setelah dipotong pajak, maka gajinya kurang lebih bersihnya adalah 3000 poundsterling atau kurang lebih US$6000 per bulan.

Pengeluaran utama adalah sewa rumah, atau kalau sudah beli rumah (soalnya di Inggris, kita boleh beli rumah) adalah bayar cicilan rumah (mortgage), besarnya variasi tergantung lokasi.

Ambil contoh daerah suburb London, yaitu Morden, Surrey, 2 bed room house 900-1000 pound per bulan. Biaya utility seperti gas, listrik, air, council tax (biaya keamanan, sampah dll), telephone, internet adalah 300 pound per bulan.

Sekolah dan kesehatan adalah free, bukan ditanggung perusahaan, tapi ditanggung pemerintah. Sekolahnya sudah pasti berbahasa Inggris.

Fasilitas dari kantor adalah cuti 25 hari, ada asuransi jiwa, serta bonus dalam bentuk share (saham), ini juga kecil sih.

Disamping itu, disini pemerintah Inggris memberikan fasilitas dalam bentuk benefit bagi anak-anak, dalam bentuk uang tentu saja.

  1. Malaysia

Informasi yang terkumpul adalah bahwa jika anda cukup beruntung dapat bekerja di Petronas sebagai tenaga expat, maka anda akan bergaji US Dollar plus disediakan apartment dan dibiayai sekolah anak-anak di Sekolah International.

Tapi jika hanya bisa bekerja di EPC company, ceritanya agak sedikit berbeda. Informasinya, jika di KL maka gaji Engineer pengalaman 10 tahun keatas, adalah sekitar US$3000-4000 per bulan setelah dipotong pajak.

Tapi, biaya hidup di KL tidak lah begitu mahal.

Kalau mau ke remote area, bisa jadi dapat US$5000.

  1. Singapore

Gaji di Singapore, menurut saya, nggak gede-gede amat, apalagi mengingat biaya hidup di Singapore mahal sekali. Kalau iseng nge-browse di Jobstreet, maka bisa dilihat berapa gaji yang ditawarkan.

Engineer pengalaman 10 tahun keatas biasanya di gaji sekitar S$6000-S$7000 per bulan.

  1. Indonesia

Sebenarnya gaji Engineer di EPC dan Oil Company di Indonesia sangat bagus lho, nggak kalah sama gaji di Singapore dan Malaysia. Kalau dengan Timur Tengah ya jelas beda dong, kan beda League nya.

Berita mengatakan gaji di Indonesia untuk pengalaman 10 tahun keatas sudah Rp.13 juta sampai Rp. 17 juta. Apalagi yang beruntung di Oil Company, bisa dapat diatas Rp. 18 juta per bulan.

Kesimpulan

Yang pasti, besarnya gaji sangat tergantung pengalaman kerja kita selama ini, serta tentu saja kemampuan yang handal ketika menjawab pertanyaan dalam Interview.

Saya punya pendapat, bahwa jika pengalaman dibawah 5 tahun, nggak ada salahnya untuk mencoba menambah jam terbang dengan bekerja di Malaysia atau Singapore.

Setelah itu, bisa mencoba ke Middle East, atau ke Eropa sekalian.

Tapi, jika sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun, saya sih berpikiran mendingan langsung terjun ke Timur Tengah.

Komentar dan sanggahan sangat diharapkan sehingga akan memperkaya khasanah keilmuan kita didalam memahami Market Tenaga Kerja di Luar Negeri. Diminta, kalau bersedia, informasi yang salah bisa diperbaiki, sehingga menjadi tambah lengkap. Tapi, jangan sambi marah ya..he..he..

Disclaimer:

Informasi diatas hanyalah sekadar bayangan, bukan sebuah yang mutlak. Jangan sekali-kali dianggap sebagai informasi resmi dan jangan ditelan mentah-mentah. Pokoknya, ini hanya sekadar informasi saja, ilustrasi saja, serta memberikan gambaran begini lho kondisinya saat ini. Pasti ada lah bedanya dengan kondisi asli, tapi setidaknya angka yang diberikan diatas bukanlah angka sulapan, termasuk fasilitas yang tersedia.

don85.wordpress.com

About these ads

11 Comments

  1. Hidup di semua tempat ada plus & minusnya.

    Walau pendapatanku lebih kecil di Indonesia, aku lebih suka hidup di indonesia. Di Indonesia pun sebetulnya bisa tuh punya gaji segitu, titel tidak dipasang loh.

    Di Perancis, gaji gede, tak perlu bertitel asal mau kerja dan kreatif bisa tuh. Anak tiriku tak lulus SMA, bekerja sbg teknisi, gajinya 4000€/bulan.

    Sebetulnya tak perlu dibanding-bandingin. Yang penting bisa merasa cukup dan bahagia.

    Salam kenal.

  2. Kalau masih muda ambil saja semua kesempatan kerja di negeri orang. Kumpulin uang sebanyak banyaknya. Memang uang tidak menjamin kebahagiaan. Tetapi membuat hidup lebih mudah. Begitu hidup lebih mudah makin banyak ide ide yang bisa digunakan untuk membuat usaha baru dll…

  3. ada standar buat junior enjiner enga?

  4. Hmmmm ….. dari sisi “doku” sangat menggiurkan, dan akan mempermudah menjadi orang kaya.

    Tinggal diikuti dengan semangat membangun kepribadian yang mandiri dan tawadu’.

    Insya Allah, sukses.
    Amin.

  5. pak….tolong informasinya mengenai sekolah untuk engenering.?????klu mau jadi engenrg pesawat terbang harus sekolah mesin umum dulu ya pak…atau?????

    tolong di balas di emael saya ya pak….
    chezy_07melanogaster@yahoo.co.id

    • Doddi Asbir Abdullah
    • Posted Juli 13, 2009 at 3:42 pm
    • Permalink
    • Balas

    Hello Mas..Gua sekarang lagi gawe di Saudi_Jeddah,tepatnya Saudi Paper CoMPANY,yg bergerak dibidang tissue Converting.
    Disini gua sbagai Electric Planner,gua gawe dgn system EMIS 2000.Mau Tanya apakah tepat saya ambil posisi ini dgn pendapatan bersih perbulan = SAR 8000.INI BLUM MASUK BONUS,TUNJANGAN JABATAN,TICKET,INSURANCE.MOHON DIBALES YA…SALAM DARI JEDDAH_SAUDI ARABIA

  6. pak, saya mahasiswa tingkat akhir jurusan t.elektro di salah satu unive negeri di semarang
    ada keinginan untuk langsung hijrah ke Arab, pinginnya sih di Aramco.
    BAgaiamana kemungkinannya, dan kalo boleh minta masukannya bgaimana langkah2 yang sebaiknya saya tempuh

  7. pak,sy dapt informasi dari seseorang yg bekerja di salah satu prusahaan O&G di indonesia. Awal masuk kerja,pd tahun pertama,gajinya tdk kurang dr 10jt/bln.pd taun kedua gajinya 17jt/bln,dan skrg dia sdang jalan taun ketiga dgn gaji 24jt/bln.itu semua blm termasuk bonus2 lain.bonus dihitung brdasarkan persntase dari gaji pokok.misal gaji 10jt,kmudian dpt bonus 50%,(trgantung krjanya dilaut atau didarat,dilaut lbh besar),brarti 10jt+5jt=15jt,pajak ditanggung sndiri…Nah,yg sy tanyakan,dari artikel anda untk mendptkn gaji blasan juta(di indonesia),harus brpengalaman 10 th.berarti yg freshgraduate/awal masuk kerja brp ya gajinya?stau sy,untk kerja d O&G indnnesia,gaji awal saja rata2 tdk kurang dari 10jt.

  8. Teman2 buat sharing saja ya, kalo gaji petroleum/reservoir engineer di Australia per tahun:
    Fresh graduate ( 0 – 2 years) -> A$84,000 + 9% superannuation + 10% bonus
    Intermediate (3 – 5 years) -> A$110,000 + 9% superannuation + 10% bonus
    Senior Grade 1 (6 – 10 years) -> A$150,000 + 9% superannuation + 20% bonus
    Senior Grade 2 (11 – 15 years) -> A$220,000 + 9% superannuation + 20% bonus
    Principal (16 – 20 years) -> A$275,000 + 9% superannuation + 20% bonus + stock option
    Advisor / VP Engineering ( >20 years) -> A$350,000 + 9% superannuation + 20% bonus + stock option

    Kalo jadi freelance consultant:
    Senior (10 – 15 years) -> US$1500/day – US$2000/day
    Principal (15 – 20 years) -> US$2500/day – US$3000/day

  9. I have to show my appreciation to the writer for rescuing me from such a challenge.
    Because of researching throughout the the net and meeting thoughts that were not productive, I was thinking my entire life was over.
    Living without the presence of approaches to the problems you have resolved
    through this report is a crucial case, and those which might
    have in a wrong way damaged my entire career if I hadn’t encountered the blog. Your good capability and kindness in maneuvering almost everything was priceless. I am not sure what I would’ve done
    if I had not encountered such a stuff like this.

    I am able to at this point relish my future. Thanks very much for your
    high quality and results-oriented guide. I will not be reluctant to refer your web site
    to anyone who should have guidance on this topic.

  10. I want to show my appreciation to the writer for bailing me out
    of this particular problem. After searching through the internet and seeing things that were not powerful, I assumed
    my life was well over. Existing without the solutions to
    the issues you have fixed by means of your review
    is a serious case, as well as those which might have in a negative way affected
    my entire career if I hadn’t come across your site. Your good talents and kindness in touching the whole lot was very useful. I’m not sure what I
    would’ve done if I had not discovered such a solution like this. I can at this moment look ahead to my future. Thanks a lot very much for your expert and amazing guide. I won’t think twice
    to suggest the sites to anybody who would like recommendations about this
    problem.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: